Artikel CeQi Terkini :
Home » , , » Anda Selalu Ngantuk? Mungkin Karena Ini

Anda Selalu Ngantuk? Mungkin Karena Ini

Metrotvnews.com: Biasanya orang merasa mengantuk ketika malam sudah larut atau ketika mereka lelah. Namun, pada beberapa orang rasa kantuk bisa datang terus-menerus. Apa yang menyebabkan hal ini?

Mengantuk adalah tanda yang diberikan oleh tubuh untuk beristirahat. Namun, dalam keadaan tertentu seseorang mungkin merasa mengantuk hampir sepanjang hari. Menurut WebMD, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang selalu merasa mengantuk.

1. Anemia

Anemia merupakan penyebab utama dari kelelahan dan kantuk pada perempuan. Kehilangan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Hal ini karena sel-sel darah merah tersebut dibutuhkan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh.

2. Depresi

Anda mungkin berpikir depresi adalah gangguan emosi. Tetapi depresi juga berkontribusi pada banyak gejala fisik. Kelelahan, selalu merasa mengantuk, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah gejala yang paling umum.

3. Hipotiroidisme (penurunan produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher yang mengendalikan metabolisme dan kecepatan dalam mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, seseorang dapat merasakan lesu dan selalu merasa mengantuk.

4. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa menjadi tanda dehidrasi. Segera penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda agar selalu merasa segar.

5. Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat orang merasa mengantuk di siang hari, sehingga dapat memengaruhi konsentrasi. Dampak jangka panjang dari kurang tidur juga dapat memengaruhi kesehatan. Orang dewasa harus tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap malam.

6. Penyakit jantung

Bila Anda mudah lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Anda perlu memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaan baik.

7. Alergi makanan

Beberapa dokter percaya bahwa alergi makanan bisa membuat seseorang merasa mengantuk. Jika Anda memiliki toleransi untuk alergi, gejala awalnya hanya kelelahan dan tidak menyebabkan gatal.

8. Sindrom kelelahan kronis

Ketika seseorang lelah, biasanya mereka menghadapinya dengan menyempatkan istirahat. Tapi untuk sindrom ini, kelelahan tidak akan cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, mudah marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya ingatan.


Sumber : metrotvnews.com
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template