Artikel CeQi Terkini :
Home » , , » Biksu Tibet Bakar Diri, Aksi ke-100 Sejak Tahun 2009

Biksu Tibet Bakar Diri, Aksi ke-100 Sejak Tahun 2009



Juru bicara kepolisian setempat, Keshav Adhikari menuturkan, aksi bakar diri tersebut terjadi di salah satu kedai makanan dekat Boudhanath Stupa di Kathmandu. Boudhanath Stupa merupakan salah satu kuil Buddha paling sakral di dunia. Aksi ini terang saja membuat para wisatawan yang ada di kedai tersebut terkejut dan takut.

"Sekitar pukul 08.20 waktu setempat, seorang pria berusia di awal 20-an tahun datang ke restoran yang dekat dengan Boudhanath Stupa. Dia langsung pergi ke toilet dan menuangkan bensin ke tubuhnya dan kemudian membakar dirinya," terang Keshav Adhikari seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (13/2/2013).

Saat ini terdapat sekitar 20 ribu warga Tibet yang mengasingkan diri ke wilayah Nepal. Pelaku aksi bakar diri ini diketahui merupakan biksu Tibet yang berada dalam pengasingan di Nepal.

Kepolisian Nepal menyebutkan, pelaku aksi bakar diri telah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Saat ini, dia tengah dalam kondisi kritis di rumah sakit.

"Seluruh bagian tubuhnya terbakar api. Di rumah sakit, dia berusaha untuk bicara tapi tidak sanggup," ucap seorang polisi Nepal, Adhikari.

Pemerintahan Tibet di pengasingan di Dharamshala, India mencatat bahwa aksi bakar diri semacam ini sudah terjadi sebanyak 100 kali sejak tahun 2009 lalu. Dari jumlah tersebut, sekitar 83 aksi bakar diri berujung pada kematian. Aksi semacam ini merupakan bentuk protes warga Tibet terhadap pemerintahan China yang dianggap sewenang-wenang.

Dalam pengasingannya, perdana menteri pemerintahan Tibet, Lobsang Sangay ikut berkomentar atas aksi bakar diri yang ke-100 ini. Sangay menyalahkan pemerintah China atas aksi ini dan mendorong dunia internasional untuk bertindak.

"Karena tidak ada kebebasan berbicara atau media untuk segala bentuk protes, sayangnya warga Tibet harus memilih aksi bakar diri. Bagi masyarakat internasional, saya katakan 'dukung warga Tibet'. Pemerintah China benar-benar memiliterisasi wilayah Tibet," ucap Sangay.












sumber | iniunic.blogspot.com | http://news.detik.com/read/2013/02/13/150601/2169105/1148/biksu-tibet-bakar-diri-aksi-ke-100-sejak-tahun-2009?n991102605

Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template