Artikel CeQi Terkini :
Home » » Seberapa banyak uang dikeluarkan untuk sebuah gelar S1?

Seberapa banyak uang dikeluarkan untuk sebuah gelar S1?

oleh Nanang B Subekti – 16 Maret 2012. Tulisan ini bermula dari obrolan santai dengan teman-teman yang sedang kuliah di Jogja. Kebetulan mereka datang dari luar kota. Pada saat itu saya berkumpul dengan beberapa mahasiswa untuk memotivasi mereka supaya giat belajar dan segera lulus kuliah. Topik diskusipun sangat ringan sekali, seputar biaya kuliah. Dalam tulisan ini saya mencoba menguraikan betapa seorang calon sarjana harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk sekedar medapatkan sebuah gelar akademik jenjang S1 dalam negeri. Pertanyaan saya adalah pernahkan Anda mencoba menghitung pengeluaran Anda selama menumpuh kuliah?
Hitung-hitungan ini saya buat bersama teman-teman mahasiswa yang merantau ke Jogja pada tahun 2007 akhir.  Mereka mahasiswa semester atas yang hampir menyelesaikan studi tetapi prestasi akademiknya kurang begitu memuaskan. Jujur pada waktu itu diskusi ini saya tujukan ke seorang mahasiswa yang agak malas kuliah. Hampir jarang sekali kelihatan saat perkuliahan berlangsung.  Pada saat itu saya sedang santai dan kebetulan semua mahasiswa sedang berkumpul. Disitulah saya mengajak  mereka berpikir sejenak tentang kuliah mereka. Bagi saya meskipun cerita ini sudah terjadi pada tahun 2007, namun inti permasalahan tetap saja relevan hingga kini.
Dalam diskusi itu saya mengajak mahasiswa untuk berpikir berapa uang yang harus dikeluarkan untuk menempuh studi di Jogja selama 4 tahun. Hal yang menarik untuk disampaikan adalah saya mengambil sampel mahasiswa yang kuliah di PTS dengan biaya pendidikan yang relatif paling rendah. Berikut hitung-hitungan uang yang dikelurkan oleh seorang mahasiswa:
  1. Biaya masuk awal kuliah termasuk sumbangan dll: Rp. 5.000.000,00
  2. SPP setiap semester: Rp. 1.250.000,00 X 8 semester:  Rp. 10.000.000,00
  3. Kiriman per bulan untuk kos, makan dll: Rp. 500.000,00 X 12 bulan (untuk 1 tahun): Rp. 6.000.000,00. Jadi untuk kiriman uang kos, makan dll selama4 tahun atau 48 bulan adalah Rp. 500.000,00 x 48: Rp. 24.000.000,00
  4. Biaya KKN: Rp. 1.500.000,00
  5. Tiket transport pulang kampung dianggarkan selama 4 thn: Rp. 3.000.000,00
  6. Biaya buku kuliah, laptop dan skripsi: Rp. 15.000.000,00
  7. Uang beli sepeda motor baru : Rp. 12.000.000,00
Nah setelah di total untuk sementara mahasiswa tersebut sudah menghabiskan: Rp. 5 juta + Rp. 10 juta + Rp. 24 juta + Rp. 1.5 juta + Rp. 3 juta+  Rp. 15 juta + Rp. 12 juta: TOTAL  Rp. 70.5 juta.
Share this article :

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template