Artikel CeQi Terkini :
Home » , , » Kesepian Ternyata Dapat Memperpendek Usia

Kesepian Ternyata Dapat Memperpendek Usia


 Kesepian sering kali membuat seseorang mudah depresi, kesepian sering kali membuat hidup serasa tidak berarti, dan kesepian bisa membuat seseorang cepat mati.

Temuan ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwn dari University of California. Mereka menemukan bahwa rasa kesepian merupakan sumber utama penyebab stress yang dialami oleh orang tua. Tidak hanya itu, kesepian juga beresiko memperpendek usia mereka hingga 10 persen.

"Kesepian merupakan sumber utama penderitaan bagi orang tua. Kami telah mendemonstrasikan bahwa itu juga bisa menjadi faktor rusaknya kesehatan, termasuk kematian dan penurunan fungsi tubuh," ungkap Dr. Carla Perissinotto yang menjadi pimpinan tim.

Tim peneliti melakukan analisa mengenai hubungan antara rasa kesepian dengan penurunan fungsi organ tubuh dan kematian pada orang tua. Setidaknya, ada sekitar 1.604 partisipan yang menjadi sampel dalam studi ini. Para partisipan yang terlibat rata-rata berusia 71 tahun. Peneliti kemudian memberikan pertanyaan mengenai apakah mereka merasa kesepian atau kurang mendapat perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain test itu, peneliti juga memantau Kondisi kesehatan fisik mereka. Proses tersebut dijalani hingga 6 tahun.

Hasilnya ditemukan bahwa 43,2 persen partisipan mengaku merasa kesepian dan resiko kematian dini diantara mereka meningkat hingga 22,8 persen dibandingkan mereka yang tidak merasa kesepian yang hanya mencapai 14,2 persen.

Selain itu 24,8 persen partisipan yang merasa kesepian juga mengalami penurunan kemampuan fisik dan psikis dalam melakukan aktifitas sehari-hari, berbanding 12,5 persen dari mereka yang merasa diperhatikan. Sedangkan 40,8 persen dari mereka mengalami kesulitan menuruni tangga dibandingkan 14,2 persen orang tua yang merasa bahagia.

Para peneliti berkesimpulan bahwa studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Archives of Internal Medicine mendorong setiap pihak untuk memberikan dukungan dan perhatian mereka terhadap orang tua agar mereka tidak merasa menderita di hari tua.


Read more: www.tempatshare.com






Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template