Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Nimatnya Masa-masa Kuliah, Alasannya?

Nimatnya Masa-masa Kuliah, Alasannya?


Banyak orang yang tidak mengoptimalkan masa-masanya di waktu kuliah untuk belajar dengan sebaik-baiknya. Banyak juga orang tidak bisa sepenuh hati menjalankan waktu kuliahnya. Atau selalu mengeluh karena tidak cocok dengan jurusan yang dipilihnya. Padahal menurut saya masa-masa yang paling nikmat adalah masa-masa kuliah kita.


Pertama, waktu kuliah adalah masa dimana kita mencari jati diri. Kita akan menemukan sosok kita yang sebenarnya bagaimana kita kelak menjadi Ć¢??manusiaĆ¢??. Yang saya maksud manusia disini ialah kita mempunyai spesialisasi skill dan kompetensi dalam suatu bidang untuk terjun di masyarakat. Meskipun banyak anggapan kalau kuliah itu tidak memberikan wawasan dalam dunia kerja yang sebenarnya tapi kuliah memberikan kita jalan untuk melihat dunia nyata dan seringkali ini menjadi pengalaman kita yang tidak terlupakan.


Kedua, Kuliah memberikan kita ilmu yang sangat berguna untuk mengarungi hidup di belantara dunia yang makin buas dari hari ke hari. Jika kita berusaha seoptimal mungkin pada waktu kuliah ilmu tersebutlah yang akan menolong kita di hari kemudian. Untuk berprestasi di dunia kerja kita membutuhkan ilmu, kompetensi, kedisiplinan, soft-skill dan ilmu keorganisasian yang semuanya itu disediakan di dunia kuliah. 
Ketiga, Tidak seperti masa SD, SMP, dan SMA, dimana peran guru menjadi sangat penting dalam mengatur dan mengontrol kita. Pada masa kuliah kita diberikan kebebasan untuk mengatur diri kita sendiri. Kita bebas untuk menyikapi kuliah kita, tidak ada yang cerewet dan repot-repot menghukum kita jika kita melakukan kesalahan. Waktu perkuliahan juga lebih sedikit ketimbang waktu SMA, SMP, atau SD sekalipun. Waktu yang dipergunakan menjunjung tinggi efektivitas jadi kurang lebih kita hanya kuliah beberapa jam dalam seminggu berbeda dengan sekolah menengah dan dasar sebelumnya yang menjejali kita dengan berbagai mata pelajaran yang belum tentu kita gunakan dalam dunia kerja nanti.


Keempat, fase kita waktu kuliah menjadi sangat nikmat karena kita diberikan kesempatan belajar dan mengetahui hal-hal yang bermanfaat, diberikan uang saku, diberikan fasilitas sedemikian besarnya sedangkan keawjiban hampir sama sekali tidak ada. Kita tidak diharuskan mengejar deadline pekerjaan, kita tidak dipecat, kita tidak berhadapan dengan rutinitas dan bos yang terkadang menyebalkan. Meskipun bentuk-bentuk menyebalkan tadi bisa kita temukan juga didunia kuliah setidaknya kelonggaran waktu kuliah masih bisa memanjakan kita untuk tidak stress se-stress diwaktu kerja.


Kelima, karena kita dianggap masih sebagai anak-anak, terkadang kita diperlakukan dengan penuh perhatian sedangkan kelakukan dan kegiatan kita telah terlanjur menjadi dewasa dan bebas dibanding sewaktu kita SMA dan SMP dulu. Ingat, masa kuliah kita hanya sekali seumur hidup. Jadi pergunakanlah waktu sebaik-baiknya. Carilah ilmu, pengalaman, dan teman sebanyak-banyaknya. Nikmatilah kelonggaran-kelonggaran, fasilitas, dan kebebasan-kebebasan yang diberikan kepada kita. jangan lupa untuk membuat orang tua kita bangga yang sebenarnya tergolong sangat mudah ini. Contoh minimalnya ialah dengan kuliah dan lulus saja mereka tentu akan sangat bangga melihat kita sebagai sarjana meskipun sebenarnya lulusnya enam tahun, IPK nya rendah, atau sulit mendapat kerja. Orang tua pastinya selalu akan memberikan yang terbaik untuk kita maka dari itu syukurilah.


sumber : kaskus.co.id
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template