Artikel CeQi Terkini :
Home » , , » Alat Elektronik Awet, Ini Rahasianya!

Alat Elektronik Awet, Ini Rahasianya!


RumahCom – Terkadang kita menjumpai perabot elektronik di rumah rusak—padahal belum lama dibeli. Hal ini mungkin disebabkan kita kurang apik dalam memakainya dan tidak tahu cara merawatnya. 

Sebenarnya merawat alat elektronik di rumah, seperti televisi, lemari es, stereo set, DVD player, laptop, atau AC tidak terlalu rumit dan mahal, asal kita tahu bagaimana menggunakan dan merawat benda-benda tersebut dengan benar.

Berikut ini beberapa tips agar peralatan elektronik di rumah awet:

Tegangan Listrik
Sebelum menggunakan peranti elektronik, periksalah instalasi listrik rumah, apakah tegangan/voltase listrik sesuai dengan kapasitas peranti tersebut.

Tegangan listrik yang tidak stabil (sering naik-turun) merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan alat elektronik. Untuk itu, sebaiknya gunakan stabilizer yang berfungsi menstabilkan tegangan listrik. Dengan menggunakan peranti  ini, peralatan elektronik lebih aman jika voltase listrik naik atau turun. 

Gunakan Sesuai Aturan
Pakailah perabot elekronik tersebut secara benar, sesuai aturan yang dianjurkan. Pasalnya, kerusakan peranti elektronik juga dapat diakibatkan penggunaannya yang sembarangan. 

Sebagai contoh, lemari es tidak boleh diisi makanan terlalu padat, karena akan menghambat atau menghalangi sirkulasi pendinginan. 

Peletakan yang Sesuai
Letakan peranti elektronik sesuai dengan temperatur mesin. Pastikan pula alat elektronik selalu memiliki sirkulasi udara dan bebas dari halangan. Hindari dari sinar matahari langsung, karena akan merusak perangkat elektronik di dalamnya.

Misalnya, DVD player tidak boleh diletakkan di tempat yang lembap. Mesin DVD player sangat tergantung pada temperatur udara sekitarnya. Perubahan temperatur udara juga akan membuat mesin tidak dapat beroperasi secara wajar dan akan mengakibatkan kerusakan mesin.

Perhatikan Colokan
Hal lain yang harus diperhatikan—dan mungkin kerap kita abaikan—adalah peletakan colokan (stop kontak, piting, switch, dan lain-lain).  Jika ada beberapa colokan, beri jarak sekurangnya 10 cm agar ada sirkulasi udara. Jika terlalu rapat, akan menyebabkan panas. Akibatnya, akan merusak peralatan elektronik. 

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

sumber : http://www.rumah.com/berita-properti/2012/12/2405/alat-elektronik-awet-ini-rahasianya-
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template