Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Etos Semut

Etos Semut

Mari perhatikan sifat-sifat semut yang sangat baik. Yang pertama, semut tidak pernah mau berhenti. Ketika mereka menuju ke suatu tempat, lalu Anda mencoba menghentikannya, maka semut akan mencari cara atau jalan lain. Mereka akan memanjat, mendaki, menerobos dari bawah, berputar arah atau cara lain untuk bisa melepaskan diri dari penghalang. Kemudian, semut selalu menganggap semua musim sebagai musim dingin atau musim hujan. Ini merupakan etos yang sangat penting, karena mereka tidak berpikir naif bahwa musim panas akan berlangsung selamanya. Oleh karenanya semut akan terus mengumpulkan makanan untuk musim dingin mereka pada saat musim panas tengah berlangsung.
Dan sebaliknya, di sepanjang musim dingin, semut akan selalu berpikir bahwa pada saat itu adalah musim panas. Selama musim dingin berlangsung, semut-semut itu mengingatkan kepada dirinya sendiri, bahwa "ini tidak akan berlangsung lama, kita akan segera keluar dari situasi ini!" Sehingga pada saat hari hangat pertama, semut tidak bisa menunggu untuk berjalan keluar. Jika ternyata udara masih dingin, mereka akan kembali masuk ke sarangnya. Begitu juga keesokan harinya, ia akan terus mencari tahu apakah udara hangat sudah tiba. Sampai cuaca sudah benar-benar memungkinkannya untuk mencari makan lagi.
Lalu kira-kira, berapa banyak makanan yang bisa dikumpulkan semut selama musim panas, untuk persediaan makan mereka selama musim dingin? Jawabannya adalah sebanyak mungkin, semampu semut tersebut. Sebuah etos yang patut kita tiru.
 
____________________
Tulisan tersebut diambil dari Majalah LuarBiasa edisi Mei 2012. Tersedia di jaringan TB Gramedia di Indonesia. Pemesanan: (021) 6339523 pada hari dan jam kerja.

Foto: Dailymail.com
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template