Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Ternyata Panda Jadi Santapan Favorit Manusia Purba

Ternyata Panda Jadi Santapan Favorit Manusia Purba

Panda merupakan salah satu binatang yang dilindungi saat ini. Banyak yang menggambarkan dalam cerita atau film anak-anak bahwa sosok binatang pemakan tumbuhan ini adalah satwa yang imut dan bersahabat. Namun fakta berbeda datang dari ilmuan Cina yang tengah meneliti kehidupan di masa lalu.
Panda Manusia Purba
“Daging panda merupakan santapan favorit bagi manusia purba di Cina kala itu, khususnya wilayah China Selatan,” ungkap Wei Guang Biao.
Sekitar 10.000 tahun silam, manusia purba memburu dan memakan hewan yang kini menjadi simbol negara tersebut. Dalam penelitiannya, Wei bersama anak buahnya menemukan fosil panda yang jumlahnya cukup banyak, dan diduga bahwa mereka telah menjadi santapan manusia purba.
Ditambah lagi dengan pernyataan ilmuwan Cina ini yang mengungkapkan bahwa manusia primitif tidak akan pernah memburu hewan yang tidak bermanfaat bagi kehidupannya. Sehingga Wei mengambil kesimpulan manusia prasejarah adalah dalang dibalik terciptanya fosil panda tersebut.
Bila dibandingkan dengan  sekarang, ukuran panda di zaman prasejarah relatif lebih kecil, mereka hidup di dataran tinggi Chongqing sejak 10 ribu hingga 1 juta tahun yang lalu.
Bila dihitung dari jumlahnya, panda menjadi hewan yang amat langka. Terdapat sekitar 300 panda di tempat penangkaran dan sisanya 1600 panda berada di alam liar. Melihat keadaan tersebut, pemerintah China berusaha keras untuk melestarikan kehidupan spesies panda agar mereka tidak punah.(Xinhua/rei)


 jadiberita.com
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template