Tiga minggu sebelum waktu keberangkatan merupakan waktu yang paling pas untuk memesan tiket.

Berdasar sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh situs perjalanan dan wisata, kayak.com, waktu yang paling untuk memesan tiket adalah 21 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Juru bicara kayak sendiri menyatakan, survei yang digelar oleh perusahaannya, melibatkan jutaan pengguna jasa penerbangan dari seluruh dunia.   

Dalam survei yang digelar mulai bulan Januari sampai dengan Desember 2011, pihak kayak menyatakan bahwa harga terbaik yang bisa didapatkan oleh penumpang adalah memesan tiket penerbangan domestik dalam kurun waktu 21 hari sebelum waktu keberangkatan. 

Dengan melakukan pemesanan pada waktu tersebut, penumpang dinyatakan bisa menghemat pengeluaran sekitar US$28 ketimbang memesan tiket enam bulan sebelumnya.  

Sedangkan untuk penerbangan internasional, waktu yang paling pas untuk memesan tiket adalah 34 hari sebelum keberangkatan karena bisa menghemat sekitar US$39 daripada memesan tiket enem bulan sebelum keberangkatan. 

Survei ini juga menyatakan bahwa semakin banyak penumpang yang telah mengetahui bahwa memesan tiket dalam waktu yang mepet dengan tanggal keberangkatan akan berakibat harga tiket semakin mahal.