Artikel CeQi Terkini :
Home » , , » Alasan Orang Tua Memilih Pendidikan Anak Dengan Home Schooling

Alasan Orang Tua Memilih Pendidikan Anak Dengan Home Schooling

Dalam memilih pendidikan yang tepat untuk anak, memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk bekal anak di masa depan. Homeschooling sebuah metode pendidikan dimana anak sekolah dirumah dan orangtua bertanggung jawab atas pendidikan sang anak. Dikota-kota besar Homeschooling seolah menjadi tren dan alternatif pendidikan bagi mereka yang enggan belajar di sekolah formal.

Dan berikut beberapa alasan yang membuat orangtua lebih memilih menyekolahkan anaknya di Homeschooling :

1. Kesibukan Anak


Banyak anak-anak saat ini yang sudah memiliki banyak kesibukan diluar sekolah. Seperti menjadi artis, penyanyi, model,atlit dan lainnya. Padatnya kesibukan membuat mereka sering ketinggalan pelajaran di sekolah sehingga mereka lebih memilih Homeschooling agar dapat mengatur waktu lebih fleksibel.

2. Phobia Sekolah


Banyak anak yang memiliki phobia dengan sekolah entah karena gurunya yang galak, stres karena tugas yang menumpuk, menjadi korban bullying, dan masalah-masalah lainnya. Masalah seperti ini memang menjadi hal serius terhadap perkembangan mental anak sehingga Homeschooling menjadi pilihan orang tua karena dapat mengawasi perkembangan anak secara langsung sehingga lebih aman.

3. Daya Serap


Setiap anak memiliki daya serap berbeda-beda dalam menerima materi pelajaran di sekolah. Ada anak yang sekali diterangkan mengerti, ada anak yang harus 2-3 kali diterangkan secara private baru mengerti.

4. Kurikulum Sekolah


Kurikulum sekolah di Indonesia hampir tiap tahun memiliki perubahan, contoh standarisasi nilai UN banyak anak yang tiap tahun menjadi korban ketidak lulusan UN padahal anak tersebut merupakan anak yang berprestasi di sekolah. Melihat buruknya kurikulum pendidikan di Indonesia banyak orang tua yang merasa khawatir sehingga memasukan anaknya ke Homeschooling.

5. Orang Tua Ingin Turun Tangan


Dalam pendidikan usia awal sekolah ada orang tua yang ingin turun tangan mengajarkan anaknya sendiri dengan pendekatan dan cara pendidikan yang mereka sukai. Misalnya dalam pendidikan agama, mengajarkan keimanan.

6. Bakat dan Minat


Homeschooling lebih memudahkan orang tua untuk mengetahui bakat dan minat anak karena peran orang tua pada homeschooling menjadi fasilitator. Dengan mempelajari pelajaran yang sesuai minat, sang anak pastinya akan lebih efektif dan lebih terarah sejak awal.

Sumber : https://www.lintas.me/woman/other/editor/6-alasan-orang-tua-memilih-pendidikan-anak-dengan-home-schooling par
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template