Artikel CeQi Terkini :
Home » » Manfaat Makanan Pedas dan Bahaya Makanan Pedas Jika Dikonsumsi berlebihan

Manfaat Makanan Pedas dan Bahaya Makanan Pedas Jika Dikonsumsi berlebihan

Beberapa penelitian di Amerika dan menurut Ahli gizi di sana, makanan pedas memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari Menjaga kesehatan jantung hingga Meningkatkan libido, dengan catatan konsumsi makanan pedas tersebut dalam jumlah cukup sesuai diet.

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Chemical Society mengatakan bahwa kandungan capsaicin yang ada pada makanan pedas dapat membantu menurunkan kolesterol yang ada pada pembuluh darah, sehingga aliran darah dapat lebih lancar dan baik. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah penyakit jantung.

2. Mengatasi tumor

Lada dan cabai, menurut penelitian dalam The Journal of Clinical Investigation, merupakan bahan alami dan kimia pedas yang dapat dapat mengaktifkan reseptor-reseptor di lapisan usus, proses tersebut dapat mengurangi kejadian tumor. Selain itu, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai analgesik (penghilang rasa sakit) untuk melemahkan saraf dan mengurangi nyeri. Efek yang lain adalah dengan mematikan reseptor yang memacu pertumbuhan tumor.

3. Menurunkan berat badan

Capsaicin pada makana pedas memberikan sensasi panas. Panas inilah yang menyebabkan peningkatan metabolisme pada tubuh. Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan, pria yang menyantap makanan pembuka dengan saus pedas mengkonsumsi 2000 kalori lebih sedikit dibandingkan rekan-rekannya yang tidak menambah saus pedas. Sehingga makanan pedas juga dapat membantu mengurangi porsi makan, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi makanan pedas.

4. Membantu menurunkan Tekanan Darah

Peningkatan oksidasi nitric pada aliran darah dapat disebabkan oleh Capsaicin. Peningkatan tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan dan menurunkan tekanan darah. Makanan pedas yang dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat diantaranya cabai rawit.

Revolusi Ilmiah - Manfaat makanan pedas untuk pasangan suami istri.
Manfaat makanan pedas untuk pasangan suami istri. (Foto : ahmadjn)

5. Meningkatkan libido

Menurut penelitian Jurnal Food Research International makanan pedas semisal ginseng terbukti dapat meningkatkan libido pada pasangan suami isteri. Hal tersebut dilandasi kandungan pada makanan pedas dan metabolismenya dalam tubuh.
Demikian 5 manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh. Bagi pecinta makanan pedas jangan ragu dan takut untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Dan ternyata bahan-bahan alami, banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT) 
Revolusi Ilmiah - Pilihan untuk konsumsi pedas yang berlebihan.
Pilihan untuk konsumsi pedas yang berlebihan. (Foto : female(dot)com)

Bahaya Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan serta terus menerus dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, diantaranya Penyebab maag akut sampai Menyebabkan pusing.

1. Penyebab maag akut

Maag atau lambung merupakan salah satu organ yang sensitif terhadap makanan pedas. Makanan pedas yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung, hal tersebut disebabkan karena makanan pedas menyebabkan asam pada lambung meningkat. Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan pengrusakan dindingnya.

2. Mengurangi nafsu makan

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan pada sebagian orang dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Oleh karena itu apabila kita ingin menjaga kesehatan tubuh secara umum, konsumsilah dalam jumlah yang disarankan, jangan berlebih.

3. Menyebabkan sulit tidur (Insomnia)

Makan makanan pedas dapat mengakitkan kesulitan tidur. Oleh karena itu sebaiknya tidak membiasakan makan makanan pedas pada malam hari atau menjelang tidur. Insomnia inilah yang menyebabkan istirahat malam yang tidak nyaman.

Revolusi Ilmiah - Penurunan Berat Badan yang berlebihan
Penurunan Berat Badan yang berlebihan. (Foto : agarcepathamil(dot)info)

4. Menyebabkan berat badan turun

Berat badan turun dapat disebabkan oleh kesukaan untuk konsumsi makanan pedas. Hal tersebut disebabkan pembakaran lemak tubuh. Namun, apabila konsumsi dalam jumlah yang belebihan, dapat menyebabkan bahaya penurunan tubuh yang belebihan. Konsultasikan kepada ahli gizi Anda apabila mengalami permasalahan tersebut.

5. Menyebabkan pusing

Salah satu efek peradangan pada lambung adalah menyebabkan pusing atau sakit kepala berlebihan, disamping sakit perut. Oleh karena itu, sangat disarankan supaya konsumsi makanan pedas dalam jumlah yang cukup. Pusing akibat makanan pedas umumnya terjadi pada mereka yang memiliki riwayat sakit maag atau gastritis.

Demikian 5 bahaya mengkonsumi makanan pedas secara berlebihan. Tidak masalah jika Anda hobi dengan makanan pedas karena manfaatnya pun juga banyak, namun perlu diingat jangan sampai berlebihan, bukankah berlebihan itu sesuatu yang tidak baik? Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)


Sumber :http://www.revolusiilmiah.com/2015/01/5-manfaat-makanan-pedas-bagi-kesehatan.html
http://www.revolusiilmiah.com/2015/01/5-bahaya-konsumsi-makanan-pedas-secara-berlebihan.html
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template