Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Mencegah Rambut Beruban Sejak Dini

Mencegah Rambut Beruban Sejak Dini

Sekarang ini banyak orang yang masih muda mengalami penuan dini dg gejala tumbuhnya uban di kepala mereka. Bagi yang mengalami ini pasti akan sedikiti minder apabila ada orang yang melihat uban di kepala mereka.
Untuk mencegah munculnya uban di umur muda berikut beberapa cara tepat dan cepat agar tidak beruban di umur muda :

1. Berhenti merokok

Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban.
Orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok.

2. Jaga cairan tubuh

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Dan hindari juga makanan seperti gorengan, makanan pedas dan asam, karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut. Sangat di sarankan perbanyak minum air putahun.

3. Tidur cukup

Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.

4. Makan makanan mengandung Vitamin B12 dan Omega-3

Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas. Sebaiknya juga memperbanyak mengkomsumsi makanan yang mengandung tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.

5. Tingkatkan sirkulasi darah

Berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dg ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

6. Stop aktivitas cabut uban

Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Biarkan saja rambut berproses secara alami dan tidak dipaksakan untuk mencabut uban.

7. Penghitaman rambut dg tumbuhan alami

Namun jika uban sudah terlanjur tumbuh dan banyak, cara-cara pencegahan di atas tidak bisa dilakukan.
Sebaiknya gunakan penghitam rambut yang bagus sehingga tidak merusak rambut. Anda juga bisa menghitami rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti daun rambutan,kemiri , merang dan biji pepaya.

8. Konsumsi mikronutrien

Dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat tembaga seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nenas, delima, kacang almond, biji labu dan daging.
Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung zat tembaga.

9.Minyak kelapa  dan  jeruk Nipis

Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai umur 60-an.

10.Teh basi  dan  Garam

Ambil secangkir teh yang pekat biarkan 1 x 24 jam dan tambahkan satu sendok teh garam. Ketika sudah basi dan akan digunakan, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dg air dingin tanpa sampo.
 
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Esabong - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template